Pendidikan Karakter dalam Naskah Puspakerma: Kajian Konstruktivisme Perspektif Lev Vygotsky

Main Authors: Fitriani, Reli, Ma'mun, Titin Nurhayati, Suryani, Elis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Nasional RI , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.perpusnas.go.id/jm/article/view/01000120196
https://ejournal.perpusnas.go.id/jm/article/view/01000120196/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji Naskah Puspakerma. Naskah ini merupakan koleksi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat dengan kode koleksi 3392. Naskah ini berisi tentang kisah kerajaan yang sukses dalam memimpin serta sukses mendidik generasi penerusnya yang berkarakter. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai wujud fisik dari naskah dan isi yang terkandung dalam naskah tersebut. Teks Naskah Puspakerma berisi tentang pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman masa kini dalam mendidik anak sehingga memiliki kepribadian yang baik. Hal ini dapat disimpulkan setelah menganalisis menggunakan teori konstruktivisme Lev Vygotsky. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif Apabila dilihat dari aspek objek formal dan objek materialnya, penelitian ini menggunakan metode kajian filologi dan metode penelitian sastra. Naskah Puspakerma dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat luas dalam mencari karakter pemimpin yang patut untuk dijadikan pemimpin dan cara mendidik anak agar mampu menjadi generasi penerus yang berkarakter dan berjiwa pemimpin serta tidak bergantung kepada nama besar orang tuanya.