Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Permainan Balok Anak Usia Dini

Main Author: Dewi, Eka Yuni Puspita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia , 2019
Online Access: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/816
https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/816/690
Daftar Isi:
  • Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan permainan balok pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sungai Pagar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sungai Pagar yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri setelah pembelajaran melalui kegiatan permainan balok. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak adalah guru mempersiapkan media permainan berupa balok.