Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara melalui Metode Bercerita dengan Bantuan Media Audio

Main Author: Sari, Desi Puspita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia , 2019
Online Access: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/815
https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/815/689
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara menggunakan metode bercerita dengan bantuan media audio pada anak kelompok B di PAUD Sayang Bunda Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 15 orang anak. Objek penelitian adalah kemampuan menyimak dan berbicara. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah mencapai kriteria baik yaitu 80% dari jumlah anak. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak. Persentase rata- rata keberhasilan yang diperoleh pada siklus I sebesar 63,35% dan meningkat pada siklus II sebesar 17,7% menjadi 81,05%. Dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan bantuan media audio dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara. Disarankan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat membuat penelitian mengenai keterampilan menyimak dan berbicara dengan variasi yang lebih baik lagi.Metode Bercerita