Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Arisan Kata

Main Author: Rosa, Nani Elia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia , 2019
Online Access: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/799
https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/799/686
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca  Permulaan Pada Siswa Melalui Bermain Arisan Kata di Paud IT Islamic Centre Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiridari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi anak dan guru berupa (ceck-lisht). Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis Dan Mc Taggart. Keterampilan membaca permulaan pada penelitian ini adalah membaca gambar, merangkai huruf menjadi kata, membaca kata pada gambar dan menghubungkan kartu arisan kata dengan gambar dipapan tulis. Peningkatan terjadi pada setiap pertemuan pada siklus I dan II. Pada siklus I  53,33%  mengalami peningkatan 32,67% pada siklus II menjadi 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan