PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: Rusmawati, Rusmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2017
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3607
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3607/2128
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini adalah salah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 034 Tarai Bangun Kecamatan Tambang. Alat peraga akan memberi efek peningkatan terhadap proses pembelajran di kelas. Hal ini tampak dengan betambahnya minat siswa dan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan ketika penggunaan alat peraga langsung siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana yang dilakukan dua siklus dapat meningkatkn hasil belajar siswa. Hal ini terlihat berdasarkan nilai rata-rata kelas naik dari 65 sampai 78. Diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan metode penggunaan alat peraga langsung dalam poses pembelajaran.