HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Main Author: | israti, israti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/2656 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/2656/1674 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kinematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2SMAN 1 Kuantan Mudik tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 42 orang siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa soal tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa setelah proses pembelajaran fisika selesai dilakukan. Dalam menganalisis data, digunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi daya serap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar, ketuntasan deskriptor, penilaian afektif dan penilaian psikomotor. Hasil analisis data menunjukkan daya serap siswa rata-rata adalah 70,34% dengan kategori baik. Efektifitas pembelajaran 70,34% dengan kategori kurang efektif. Ketuntasan belajar siswa 66,67% dan ketuntasan deskriptor 62,5% dengan kategori tidak tuntas. Untuk penilaian afektif dikategorikan cukup baik (61,90 %) dan penilaian psikomotor dapat dilihat pada tabel 17 yang dikategorikan baik sekali (45,23 %).