PENERAPAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: Fauziah, Fauziah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/10176
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/10176/5197
Daftar Isi:
  • Penelitian ini tujuan untuk mengetahui penerapan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Januari sampai dengan Februari 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 23 orang putra dan 18 orang putri dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian adalah hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 70.9. Setelah PTK pada siklus I sebesar 82.8. Pada siklus II sebesar 88.0, terbukti bahwa penerapan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017