Klasifikasi Kepribadian Big Five Pengguna Twitter dengan Metode Naïve Bayes
Main Authors: | Yusra, Yusra, Fikry, Muhammad, Syarfianto, Rinaldi, Candra, Reski Mai, Budianita, Elvia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UIN Sultan Syarif Kasim Riau
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/6248 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/6248/3530 |
Daftar Isi:
- Untuk dapat memahami kepribadian seseorang, postingannya di media sosial dapat digunakan sebagai sumber informasi. Pada penelitian ini, metode Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan kepribadian pengguna Twitter ke dalam salah satu dari lima kelas, yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Tweet diunduh dari 15 akun Twitter dengan menggunakan Twitter API, dengan total keseluruhan sebanyak 1.500 tweet. Setiap akun ditetapkan sifat kepribadian dominannya berdasarkan hasil kuesioner kepribadian yang diinterpretasikan oleh seorang pakar psikologi. Setiap tweet dipraproses menjadi huruf kecil, dibersihkan, ditokenisasi menjadi kata, ditemukan kata dasarnya, kemudian dihilangkan kata-kata yang tidak penting. Setiap kata dibobot berdasarkan frekuensinya. Dataset dibagi menjadi data latih dan uji dengan perbandingan 60:40, 70:30, 80:20 dan 90:10. Setelah dilakukan pengujian, diperoleh akurasi tertinggi pada perbandingan data latih dan uji 70:30 sebesar 86,66%