“STUDY PERENCANAAN MODIFIKASI KAPAL LCT KM.“TRISNA DWITYA” MENJADI KAPAL FERRY DI PT. DOK PERKAPALAN SURABAYA (Persero) DITINJAU DARI SEGI TEKNIS”
Main Authors: | Setyawan, Krisna, Basuki, Minto, Soejitno, Soejitno |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/361 https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/361/226 |
Daftar Isi:
- Kapal sebagai sarana alat transportasi laut yang berfungsi untuk memindahkan barang (muatan) dan penumpang (Orang) dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Salah satu bentuk sarana alat transportasi laut adalah kapal berjenis LCT (Landing Craft Tank). Karena peraturan pemerintah tentang larangan kapal LCT untuk beroperasi di perairan Indonesia, mengharuskan untuk merubah kapal LCT menjadi tipe lain sebagai sarana transportasi laut. Memodifikasi kapal LCT menjadi kapal ferry banyak dilakukan tetapi perlu peninjauan ulang tentang masalah teknis. Dalam skripsi ini dilakukan penelitian modifikasi kapal LCT KM “Trisna Dwitya” ke kapal Ferry di PT. Dok Perkapalan Surabaya (Persero) ditinjau dari aspek teknis. Hasil dari skripsi dapat disimpulkan bahwa harga perbandingan displacement kapal 58.218 Ton (Koreksi 0.35% < 0.50%) dengan koreksi lambung timbul (actual freeboard 1.32 m ? freeboard minimum 0.66 m) serta kapal mengalami trim buritan sebesar 0.131 m dengan perubahan konstruksi kapal yang terletak pada penambahan deck konstruksi antara lain : konstruksi poop deck, konstruksi boat deck, konstruksi navigation deck dan konstruksi top deck yang semuanya memenuhi aturan klasifikasi serta kondisi stabilitas kapal yang memenuhi kriteria titik Gz (lengan stabilitas) dengan titik oleng ± 10 detik dari semua kondisi yang telah ditentukan oleh aturan klasifikasi dan memenuhi persyaratan IMO. kapal modifikasi LCT menjadi kapal jenis Ferry memenuhi persyaratan perencanaan yang ditinjau dari segi teknis.