Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Menggunakan Metode Servqual dan TRIZ (Studi Kasus: Cafe Giri Hills Di Kota Gresik)
Main Authors: | Ray, Ade, Lukmandono, Lukmandono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1240 https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1240/1003 |
Daftar Isi:
- Peluang usaha cafe semakin besar, maka pesaing akan bermunculan dan menimbulkan persaingan satu dengan yang lain. Dalam membuat usaha cafe harus sadar bahwa kualitas layanan yang akan diberikan kepada konsumen sehingga dapat menciptakan sebuah kepuasan pelanggan. Maka dari itu dalam menghadapi keadaan tersebut, dalam usaha bisnis cafe harus berusaha mampu cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan untuk usaha yang akan didirikan dan dapat dikembangkan dengan lebih baik. Salah satu cafe di Gresik yang terkenal dan ramai pelanggannya adalah Giri Hills, sebuah cafe dan resto yang berkonsep interior vintage, berbagai pernak-pernik vintage disajikan untuk menghiasi setiap sudut cafe. Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat kualitas pelayanan pada Cafe Giri Hills dengan menggunakan metode servqual dan memberikan usulan perbaikan kualitas pelayanan pada Cafe Giri Hills dengan menggunakan metode TRIZ. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa layanan yang perlu dilakukan perbaikan adalah tempat parkir di Cafe Giri Hills di Kota Gresik yang memadai, kinerja karyawan di Cafe Giri Hills di Kota Gresik memberikan pelayanan yang tepat, dan keramahan yang diberikan dari pihak Cafe Giri Hills di Kota Gresik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya. Sementara itu, usulan yang dapat diberikan berdasarkan metode TRIZ yaitu dengan penambahan area parkir dan memberikan pelatihan kepada karyawan.