Pendidikan Islam Perspektif Teologi
Main Author: | Arsyad, Muhammad |
---|---|
Other Authors: | Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/401 http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/401/pdf_15 |
Daftar Isi:
- Bagaimana pun sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnya pasti berlangsung suatu proses pendidikan, sehingga sering dikatakan bahwa pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia.Proses pendidikan merupakan proses pengembangan segala potensi yang dimiliki manusia. Meskipun dalam Islam terdapat beberapa pandangan mengenai pendidikan Islam.Paham Qadariyah memandang proses pendidikan Islam dapat berlangsung dengan baik jika manusia bersungguh-sungguh berusaha dalam menanamkan nilai-nilai islami dalam kehidupannya. Paham Jabariyah memandang bahwa proses pendidikan tidak begitu berpengaruh sebab berhasil tidaknya sebuah proses pendidikan tersebut akan ditentukan oleh Allah. Sedangkan paham Asy’ariyah memandang pendidikan Islam merupakan proses yang dinamis, dalam artian manusia di samping telah memiliki potensi dasar untuk menerima proses pendidikan ia juga bergantung pada kepribadian seseorang.