ANALISIS PENGARUH VALUE CHAIN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENCAPAI KEPUASAN KONTRAKTOR PADA PERUSAHAAN READY MIX BETON DI BANTEN
Main Authors: | Maddeppungeng, Andi, Suryani, Irma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURUSAN TEKNIK SIPIL
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft/article/view/5 http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft/article/view/5/985 |
Daftar Isi:
- Persaingan yang terjadi antara perusahaan ready mix beton pada saat ini sangatlah ketat. Agar memiliki keunggulan bersaing setiap perusahaan dituntut untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Untuk itu diperlukan analisis value chain untuk meningkatkan keunggulan bersaing dalam mencapai kepuasankontraktor. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh value chain terhadap persaingan, urutan atau posisi faktor-faktor value chain agar dapat meningkatkan keunggulan bersaing dalam mencapai kepuasan kontraktor dan supply chain material proses produksi pada perusahaan ready mix beton di Banten.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden yaitu staff yang bekerja di perusahan ready mix, kemudian data kuesioner tersebut dianalisa dengan uji Kruskal Walls H, uji validitas dan reliabilitas, analisis normalitas, analisis deskriptif, analisis bivariate, correlation, dan analisis faktor untuk dimasukan kedalam diagram value chain porter dengan bantuan program SPSS.20.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 20 aktivitas value chain yang berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dalam mencapai kepuasan kontraktor pada perusahaan ready mix beton di Provinsi Banten. Terdiri dari 11 aktivitas primer dan 9 aktivitas pendukung. Terdapat 3 aktivitas yang memilikipengaruh dominan yaitu X.19 (Menganalisis umpan balik informasi pelanggan), X.15 (Penetapan harga dan kesepakatan pembayaran), dan X.32 (Training khusus bagi tenaga kerja).Kata Kunci: Value Chain, Supply Chain, Keunggulan bersaing, Kepuasan Kontraktor, Perusahaan Ready Mix Beton