URGENSI PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PENDIDIKAN LEADERSHIP

Main Author: AR, Nasrun; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Al-Fikrah , 2014
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/298
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/298/278
Daftar Isi:
  • Bangsa yang mampu menemukan cara untuk mengamalkan moralnya, berdasarkan etos yang bangsa tersebut miliki sendiri dan tetap dengan berbagi dan saling mengisi, dan berhubungan dengan bangsa lain, diyakini akan mampu bertahan didalam dunia yang semakin kompleks. Untuk mejadikan bangsa seperti itu diperlukan masyarakat yang paham akan makna kepemimpinan. Sehingga diperlukan sebuah sistem pendidikan kepemimpinan. Semua lembaga nonformal mempunyai kesempatan yang sama untuk menciptakan sistem dan melakukannya secara terorganisasi. Tulisan berikut akan berupaya memberikan paparan tentang peran setrategis lembaga-lembaga nonformal dalam melakukan proses pendidikan kepemimpinan. Pendidikan dan latihan kepemimpinan di lembaga pendidikan nonformal bisa di lakukan dengan dua model, yaitu : model integrasi (integration model) dan model terpisah. Materi pendidikan kepemimpinan dapat dikategorikan dalam beberapa pokok materi yaitu : idiologi, kenegaraan dan kebangsaan; prilaku organisasi; komunikasi massa; pemecahan masalah dan pengambilan keputusan; manajemen konflik dan motivasi berprestasi.