Lean Services Untuk Perbaikan Pelayanan Administrasi Akademik di Universitas
Main Authors: | Anggraini, Wresni, Kusumanto, Ismu, Permata, Ekie Gilang, Yola, Melfa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2020
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/5246 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/5246/5114 |
Daftar Isi:
- Hasil voice of customer pada salah satu universitas terdapat enam jenis waste pada pelayanan pengurusan surat mahasiswa yaitu duplication, delay, lost opportunity to retain or win customers, unclear communication, Movement dan Error in the service transaction . Pemborosan ini menyebabkan banyaknya keluhan mahasiswa terhadap proses pelayanan, sehingga tingkat Process Cycle Efficiency saat ini sebesar 0.16%. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan dengan menggunakan pendekatan lean services. Pendekatan lean services dengan menggunakan value stream mapping dapat mengidentifikasi nonvalue added activities dan wastes yang paling berpengaruh pada proses pelayanan. Keterkaitan antara satu waste dengan waste yang lain diidentifikasi dengan Waste Relationship Matrix (WRM). Hasil penelitian ini dapat mereduksi waste adalah sebesar 1.24%.
- Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau merupakan institusi yang bergerak di bidang jasa pendidikan tinggi. Berdasarkan voice of customer, terdapat enam jenis waste yang terjadi pada pelayanan pengurusan surat-menyurat mahasiswa di Bagian Administrasi Umum, yaitu duplication, delay, lost opportunity to retain or win customers, unclear communication, Movement dan Error in the service transaction . Pemborosan yang terjadi menyebabkan banyaknya keluhan mahasiswa terhadap proses pelayanan, sehingga tingkat Process Cycle Efficiency saat ini sebesar 0,16%. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan yang terjadi dengan menggunakan pendekatan lean services. Pendekatan lean services dengan menggunakan value stream mapping dapat diidentifikasi nonvalue added activities dan wastes yang paling berpengaruh pada proses pelayanan. Keterkaitan antara satu waste dengan waste yang lain diidentifikasi dengan Waste Relationship Matrix(WRM). Berdasarkan future state value stream mapping, besarnya expected Process Cycle Eficiency jika nonvalue added activity dan waste direduksi adalah sebesar 1,24%. Kata Kunci: Lean Service, Value Stream Mapping, Pemborosan, Process Cycle Efficiency