Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 1 Sooko

Main Author: Sayudi, Mochamad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surabaya , 2020
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/3773
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/3773/2550
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kompetensi paedagogik guru-guru di SMP Negeri 1 Sooko dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing. Hal tersebut dikarenakan keberhasilan dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Salah satu langkah yang bisa digunakan adalah supervisi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan penilaian, penyusunan RPP dari rata-rata 68,4 pada prasiklus meningkat menjadi 71,3 pada siklus I. Berdasarkan tingkat ketuntasannya, terjadi peningkatan dari 40,9% pada prasiklus menjadi 61,3% pada siklus I. Hal tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga dilakukan penelitian siklus II. Kemudian, didapatkan nilai rata-rata kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksaan pembelajaran 74,00 dan berdasarkan ketuntasan mencapai 84%.Kata kunci: supervisi akademik, RPPABSTRACTThe main objective of this research is to improve the pedagogical competence of teachers in SMP Negeri 1 Sooko, in preparing Learning Implementation Plan that is in accordance with their respective competency standards, because success in the teaching and learning process cannot be separated from the learning planning which is prepared by teacher before carrying out learning. One step that can be used is academic supervision. The results of this study indicate that academic supervision can improve teacher competency in developing learning implementation plans (RPP). Based on the assessment of the preparation of lesson plans from an average of 68.4 in the pre-cycle increased to 71.3 in the first cycle. Based on the completeness level of 40.9% in the pre-cycle increased to 61.3% in the first cycle. It does not meet the success criteria, so Cycle II research was carried out and the average teacher competency score in preparing the learning implementation plan was 74.00 and based on completeness reached 84%.Keywords: academic supervision, learning implementation plan