STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI MI MA’RIF BEGO’ YOGYAKARTA
Main Author: | Rahmi, Rina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan PW PERGUNU Aceh
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/7148 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/7148/4157 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dan juga mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MI Ma’rif Bego, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kedalam pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data interview/wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaang dipilih penulis ialah random sampling yaitu kepala madrasah dan beberapa guru MI Ma’rif Bego’. Adapun tahap yang digunakan dalam menganalisis data yaitu redukksi data, menyajikan data dan membuat/menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran terdapat beberapa guru di MI Ma’arif Bego Yogyakarta yang berperan sebagai guru kelas dan guru olah raga yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi displin ilmu yang dimilikinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kepala madrasah melakukan beberapa macam strategi dalam menigkatkan mutu guru di MI Ma’rif Bego’ untuk mencapai pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tujuan sistem pendidikan nasional, yaitu dengan cara mengadakan dan mengikutkan para guru dalam foum ilmiah berupa pelatihan, workshop, seminar, lokakarya dan kursus untuk memperluas pegetahuan dan juga wawasan guru mengenai dunia pendidikan, membiasakan agar disiplin tentang bagaimana cara memanfaatkan waktu secara efektif dan efesien, dan melakukan supervisi (pengawasan) terkait penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas.