KELAYAKAN LKS TERINTEGRASI NILAI AGAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB
Main Authors: | Tussakdiah, Halimah, Triwoelandari, Retno, Sobari, Ahmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan PW PERGUNU Aceh
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/6224 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/6224/3801 |
Daftar Isi:
- Lembar kegiatan siswa yang digunakan di sekolah berisi kumpulan soal-soal, sehingga membuat siswa jenuh dalam proses pembelajaran. Lembar kegiatan siswa yang digunakan juga masih belum diintegrasikan ke dalam nilai agama, sehingga kurang tertanam nilai keagamaan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan LKS terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D). Pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi dan angket respon siswa. Analisis angket validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan hasil penilaian dari responden dengan menggunakan skala likert. Uji validasi ahli materi diperoleh hasil 82%, uji validasi ahli bahasa diperoleh hasil 71% dan uji validasi yang didapat melalui responden dikonvensasikan dalam bentuk presentase dengan angka 87%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi, ahli bahasa dan responden dapat dikatakan bahwa lembar kegiatan siswa terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter tanggung jawab dalam kriteria layak.