ANALISIS PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) BERBASIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK NOZY JUICE DI KOTA BANDA ACEH

Main Authors: Jannah, Mifthahul, Ashal, Farid Fathony
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance , 2019
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/4611
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/4611/3047
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran berbasis syariah pada home industry Nozy Juice dan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran berbasis syariah pada home industry Nozy juice terhadap peningkatan minat beli konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Nozy Juice di seluruh kota Banda Aceh. Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil dari data yang diperolah dari lapangan melalui hasil wawancara, selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa secara simultan variabel bauran pemasaran berbasis syariah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 13.047 dengan probabilitas signifikan 0,000. Sedangkan secara parsial keempat variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini dibuktikan, variabel produk – rabbaniyyah dengan nilai t-hitung sebesar 3,924 dan probabilitas signifikansi 0,000. Variabel harga – akhlaqiyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,046 dan probabilitas signifikansi 0,044. Variabel tempat – al-waqi’iyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,060 dan probabilitas signifikansi 0,033. Variabel promosi – al-insaniyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,928 dan probabilitas signifikansi 0,005. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 64,8% sedangkan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Keywords: Bauran Pemasaran Berbasis Syariah, Home Industry, Minat beli Konsumen