PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA I
Main Author: | Tanfidiyah, Nur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan PW PERGUNU Aceh
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4591 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4591/3017 |
Daftar Isi:
- Pendidikan dasar memegang peran penting dalam membentuk kepribadian siswa. Kepribadian siswa yang baik salah satunya tercermin dari perubahan perilaku sesuai dengan peraturan kelas yang telah disepakati. Oleh karena itu, usaha pengembangan peraturan kelas menjadi kajian yang patut dilakukan. Penelitian kualitatif ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian, yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan peraturan kelas yang diterapkan oleh kelas IV A MIN Yogyakarta I secara umum mampu mengatasi perilaku menyimpang siswa dan berkontribusi terhadap prestasi hasil belajar siswa.