STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN BUENGCALA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

Main Author: Muhammad Hadi, Muhammad Hadi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Banda Aceh , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4443
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4443/2925
Daftar Isi:
  • Strategi kepala sekolah merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan peningkatan mutu disekolah.Penelitian ini bertujuan mendesripsikan strategi kepala sekolah dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan.Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi.Prosedur analisis data adalah Reduksi Data, Display Data, dan Verifikasi.Sedangkan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan anjuran kedisiplinan guru harus ditingkatkan serta perangkat pembelajaran harus di miliki oleh setiap guru (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan potensi guru dengan melakukan berbagai pelatihan dan bimtek serta guru membekali diri dengan bacaan yang bermutu (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak memiliki kendala bila dilihat dari kondisi staf/karyawan sekolah, kondisi guru di sekolah tetapi masih terkendala dengan sarana dan prasana terutama ruang kelas yang belum memadai serta gedung serbaguna yang belum ada sama sekali, sedangkan kondisi lingkungan sekolah terkendala dengan ketidak nyamanan kendaraan dan sarana transportasi pemerintah.