KOMPETENSI PROFESIONAL PRAKTIK KEGURUAN MAHASISWA FTK UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Main Author: mashuri, mashuri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan PW PERGUNU Aceh , 2018
Subjects:
PPL
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3872
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3872/pdf
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/downloadSuppFile/3872/254
Daftar Isi:
  • Guru professional menurut Undang-undang Guru dan Dosen ditandai dengan empat kompetensi, diantaranya adalah kompetensi professional. Kompetensi professional adalah suatu kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran serta kemampuan dalam mengembangkan sistem pembelajaran. Seorang guru yang kompeten dalam aspek professional ini akan meberikan nilai positif terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan seperti ini sejatinya telah muncul pada saat mahasiswa melakukan program PPL. PPL adalah salah satu mata kuliah prasyarat yang wajib diambil oleh mahasiswa dan pada dasarnya mata kuliah ini merupakan pengejawantahan dari semua mata kuliah sebelumnya. Diharapkan dengan mata kuliah PPL ini mahasiswa mampu menerapkan kompetensi professional tersebut dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriftif, dan lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah se Kabupaten Aceh Tengah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan professional keguruan mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry di Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah sudah sangat baik. Kompetensi professional mahasiswa dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) rata-rata mencapai 90%. Sedangkan kemampuan guru praktikan dalam pelaksanaan pembelajaran rata-rata mencapai 90, 6%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa praktekan di Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah pada umumnya sudah sangat baik dan sesuai dengan keilmuannya.