Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia
Main Authors: | Palestina, Siti Maryam Fadhilah, Samingan, Samingan, Apriana, Evi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UIN Ar-Raniry
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/237 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/237/215 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran antara penerapan berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bireuen. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas kelas eksperimen (pembelajaran berbasis masalah) dan kelas sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t. Kesimpulan penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia This research aimed at knowing the difference of studentsâ€TMcritical thinking ability after learning process by using problem-based learning and conventional learning. This is done at SMAN 4 Bireuen. This research used experimental method. The sample of the research was 2 classess determined by cluster random sampling. The data were analyzed by using t-test. The result showed that there was significant different of studentsâ€TM critical thinking ability between the students taught by using problem-based learning and students taught by using conventional learning. Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Human System Respiratory