PROSEDUR DAN PELAKSANAAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di PT. Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah Pekanbaru)

Main Author: Zannah Dwita Syari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9800/1/2013_2013130EI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9800/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul: “PROSEDUR DAN PELAKSANAAN PEMBAYARAAN KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di PT. Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah Cabang Pekanbaru)” yang beralamat di Jl. Soedirman No. 439 G Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembayaran klaim kendaraan bermotor pada PT. Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah Pekanbaru dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor pada PT. Asuransi Ramayanan Unit Layanan Syariah serta mengetahui prosedur dan pelaksanaan klaim kendaraan bermotor pada Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah menurut perspektif Ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berjumlah 13 orang serta 40 orang nasabah Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah. Sedangkan untuk pengambilan sampel dengan mengunakan teknik purposive sampling untuk pihak karyawan asuransi yang terdiri dari 2 karyawan yaitu kepala cabang dan bagian pembayaran klaim, dan 17 orang nasabah yang pernah mengajukan klaim kendaraan bermotor kepada pihak asuransi, sehingga jumlah keseluruhan sampel menjadi 19 orang. Setelah data-data ditelaah dan dianalisis maka prosedur pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor terdiri dari: laporan kerugian, pemeriksaan polis, survey kerugian, laporan awal ke kantor pusat, proposed adjusment claim, laporan akhir ke kantor pusat, dokumen pendukung klaim, hubungan dengan pihak ketiga, klaim kendaraan bermotor. Dan pada pelaksanaan pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor berdasarkan hasil wawancara dengan 17 orang nasabah asuransi dapat disimpulkan bahwa 100% nasabah diberikan informasi mengenai pengajuan klaim kendaraan bermotor, namun dalam pelaksanaan klaim kendaraan sebanyak 18% nasabah berpendapat tidak mudah dalam pelaksanaan klaim, dan 35% nasabah mengatakan pelaksanaan penyelesaian klaim memakan waktu lebih dari 3 hari. Sedangkan tingkat kepuasan nasabah dalam pelaksanaan klaim kendaraan bermotor dapat disimpulkan bahwa nasabah cukup puas karena sebanyak 35% nasabah sangat puas dan 53% nasabah puas. Kemudian 71% nasabah berpendapat adanya peningkatan dalam pelayanan pelaksanaan klaim kendaraan bermotor jadi, dapat simpulkan bahwa secara umum ada peningkatan pelaksanaan pelayanan klaim kendaraan bermotor pada Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah. Menurut perspektif Ekonomi Islam dalam prosedur pembayaran klaim pada asuransi kendaraan bermotor pada Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi, karena manfaat dari asuransi syariah tersampaikan seperti: memberi rasa aman dan perlindungan, pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil, bersifat sebagai tabungan, dan kegiatan yang saling tolong menolong diantara pihak asuransi dan sesama nasabah asuransi. Sedangkan pada pelaksanaanya belum sepenuhnya sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam, hal ini dibuktikan karena terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan perjanjian seperti: penyelesaian klaim tidak dapat dilakukan 3 x 24 jam (6 orang responden menjawab pelaksanaan klaim memakan waktu lebih dari 3 hari), transparansi ketika akan bergabung pada Asuransi Ramayana Unit Layanan Syariah, dan juga ada hambatan-hambatan yang membutuhkan informasi yang lengkap dan jelas.