PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Main Author: Nelleksum,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9682/1/2012_2012834.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9682/
ctrlnum 9682
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9682/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA&#xD; MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA&#xD; INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI&#xD; KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU</title><creator>Nelleksum, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam&#xD; menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Gejala yang&#xD; ditemui bahwa hasil tulisan siswa masih banyak yang tidak memperhatikan&#xD; penggunaan huruf besar, seperti pada awal kalimat, nama orang, dan nama tempat,&#xD; siswa masih merasa kesulitan dalam menentukan letak tanda koma pada kalimat&#xD; sederhana, sehingga hasil tulisan siswa masih tidak teratur, dan masih terdapat&#xD; sebagian siswa yang tidak membuat tanda titik pada akhir kalimat sederhana, sehingga&#xD; kalimat bercampur-campur dengan kalimat yang lainnya. Perumusan masalah dalam&#xD; penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis kalimat sangat&#xD; sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui metode Fastwriting siswa kelas&#xD; V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.&#xD; Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang&#xD; mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui&#xD; dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)&#xD; Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.&#xD; Berhasilnya penerapan metode Fastwriting dalam Bahasa Inggris, diketahui&#xD; dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana&#xD; dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan&#xD; siswa hanya tergolong &#x201C;Kurang Mampu&#x201D; dengan persentase 54,2%, siklus I&#xD; meningkat menjadi 61,7% dengan kategori &#x201C;Cukup Mampu&#x201D;, dan siklus II meningkat&#xD; dengan persentase 82,5% dengan kategori &#x201C;Mampu&#x201D; karena berada pada rentang 76-&#xD; 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Fastwriting dapat&#xD; meningkatkan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai dalam&#xD; menulis kalimat sangat sederhana.</description><date>2012-12-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9682/1/2012_2012834.pdf</identifier><identifier> Nelleksum, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9682</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nelleksum,
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/9682/1/2012_2012834.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9682/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Gejala yang ditemui bahwa hasil tulisan siswa masih banyak yang tidak memperhatikan penggunaan huruf besar, seperti pada awal kalimat, nama orang, dan nama tempat, siswa masih merasa kesulitan dalam menentukan letak tanda koma pada kalimat sederhana, sehingga hasil tulisan siswa masih tidak teratur, dan masih terdapat sebagian siswa yang tidak membuat tanda titik pada akhir kalimat sederhana, sehingga kalimat bercampur-campur dengan kalimat yang lainnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui metode Fastwriting siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Fastwriting dalam Bahasa Inggris, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa hanya tergolong “Kurang Mampu” dengan persentase 54,2%, siklus I meningkat menjadi 61,7% dengan kategori “Cukup Mampu”, dan siklus II meningkat dengan persentase 82,5% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76- 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Fastwriting dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai dalam menulis kalimat sangat sederhana.
id IOS7815.9682
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:09:16Z
last_indexed 2019-07-31T02:09:16Z
recordtype dc
_version_ 1674821931085332480
score 17.538404