PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU
Main Author: | Nelleksum, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9682/1/2012_2012834.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9682/ |
ctrlnum |
9682 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9682/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA
MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA
INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI
KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU</title><creator>Nelleksum, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam
menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Gejala yang
ditemui bahwa hasil tulisan siswa masih banyak yang tidak memperhatikan
penggunaan huruf besar, seperti pada awal kalimat, nama orang, dan nama tempat,
siswa masih merasa kesulitan dalam menentukan letak tanda koma pada kalimat
sederhana, sehingga hasil tulisan siswa masih tidak teratur, dan masih terdapat
sebagian siswa yang tidak membuat tanda titik pada akhir kalimat sederhana, sehingga
kalimat bercampur-campur dengan kalimat yang lainnya. Perumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis kalimat sangat
sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui metode Fastwriting siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui
dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Berhasilnya penerapan metode Fastwriting dalam Bahasa Inggris, diketahui
dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana
dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan
siswa hanya tergolong “Kurang Mampu” dengan persentase 54,2%, siklus I
meningkat menjadi 61,7% dengan kategori “Cukup Mampu”, dan siklus II meningkat
dengan persentase 82,5% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76-
100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Fastwriting dapat
meningkatkan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai dalam
menulis kalimat sangat sederhana.</description><date>2012-12-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9682/1/2012_2012834.pdf</identifier><identifier> Nelleksum, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9682</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nelleksum, |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA
MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA
INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI
KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/9682/1/2012_2012834.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9682/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam
menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Gejala yang
ditemui bahwa hasil tulisan siswa masih banyak yang tidak memperhatikan
penggunaan huruf besar, seperti pada awal kalimat, nama orang, dan nama tempat,
siswa masih merasa kesulitan dalam menentukan letak tanda koma pada kalimat
sederhana, sehingga hasil tulisan siswa masih tidak teratur, dan masih terdapat
sebagian siswa yang tidak membuat tanda titik pada akhir kalimat sederhana, sehingga
kalimat bercampur-campur dengan kalimat yang lainnya. Perumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis kalimat sangat
sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui metode Fastwriting siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui
dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Berhasilnya penerapan metode Fastwriting dalam Bahasa Inggris, diketahui
dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana
dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan
siswa hanya tergolong “Kurang Mampu” dengan persentase 54,2%, siklus I
meningkat menjadi 61,7% dengan kategori “Cukup Mampu”, dan siklus II meningkat
dengan persentase 82,5% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76-
100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Fastwriting dapat
meningkatkan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai dalam
menulis kalimat sangat sederhana. |
id |
IOS7815.9682 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:09:16Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:09:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821931085332480 |
score |
17.538404 |