STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KERUPUK RUMAHAN DI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG MENURUT PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pengrajin Kerupuk Ubi di Kecamatan Bangkinang Seberang )
Main Author: | Yeni Ulfa, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9393/1/2012_2012228EI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9393/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan di bidang industri sebagai bagian dari usaha pembangunan ekonomi jangka panjang untuk menciptakan struktur perekonomian yang lebih kokoh dan seimbang. Pengembangan sektor industri kecil mempunyai dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Salah satu industri yang perlu dikembangkan adalah industri kerupuk rumahan di Kecamatan Bangkinang Seberang, karena industri ini merupakan mata pencaharian yang bisa menopang kebutuhan sehari-hari bagi para pengrajin kerupuk tersebut. Penelitian ini dilakukan pada industri kerupuk rumahan di Kecamatan Bangkinang Seberang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran industri kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang ,Bagaimana peluang dan hambatan yang dihadapi oleh para pengrajin kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang, Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran industri kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran industri kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang ,Bagaimana problematika yang dihadapi oleh para pengrajin kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang, Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran industri kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan Deskriptif Kualitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin kerupuk ubi rumahan di Bangkinang Seberang sebanyak 40 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian adalah Strategi pemasaran industri kerupuk rumahan di Bangkinang Seberang masih dengan cara tradisional tanpa ada pengembangan pemasaran, seperti pembuatan merek dagang, lebel, sistem promosi dan distribusi yang baik. Peluang dan hambatan yang dihadapi oleh pengrajin adalah bahan baku, modal untuk mengembangkan usaha, Pengetahuan Tentang Pemasaran yang Efektif, Tempat yang kurang strategis. Strategi pemasaran kerupuk ubi rumahan di Kecamatan Bangkinang Seberang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Namun dalam produk, promosi maupun distribusi perlu dikembangkan lagi.