MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TURNAMEN GAME TIM PADA SISWA KELAS IV SDN 011 BENGKONG BATAM

Main Author: Sulastri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9268/1/2013_2013652PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9268/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Turnamen Game Tim Pada Siswa Kelas IV SDN 011 Bengkong Batam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 011 Bengkong Batam yang berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar yang dilaksanakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Turnamen Game Tim. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriptif dengan persentase untuk observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan hasil belajar menggunkan teknik kuantitatif ketuntasan individual dan ketuntasan kelas klasikal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPA dari materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya secara klasikal mengalami peningkatan dari siswa yang tuntas sebelum tindakan hanya 17 orang (43%) setelah siklus pertama meningkat hingga 22 orang atau 57%, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua lebih meningkat hingga mencapai 11 orang dan siswa yang mencapai KKM pada siklus II berjumlah 33 orang atau sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajran Kooperatif Tipe Turnamen Game Tim dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 011 Bengkong Batam.