MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI MIN TANJUNGPINANG KEPRI
Main Author: | Suryadi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9265/1/2013_2013649PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9265/ |
Daftar Isi:
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia merupakan tujuan setiap bangsa dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman, untuk memenuhi tuntutan tersebut guru perlu memahami tugas dan tanggung jawabnya yaitu penanaman nilai yang sesuai dengan tujuan pendidikan secara menyeluruh mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Tanjung Pinang Kepri, dan objeknya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan di MIN Tanjung Pinang Kepri dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes buatan guru, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase indivudual dan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan pada siklus pertama mencapai 69%, siklus kedua 81%, dan siklus ketiga maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa secara umum siswa yang tuntas mencapai 92%. Maka dengan demikian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Tanjung Pinang Kepri.