MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV MI AMANATUL UMMAH BELAKANG PADANG KOTA BATAM

Main Author: Irawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9261/1/2013_2013645PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9261/
Daftar Isi:
  • Proses perubahan tingkah laku merupakan gambaran terjadinya rangkaian perubahan dalam kemampuan siswa, hal ini dapat dilihat dari perbandingan kemampuan sebelumnya dengan kemampuan setelah mengikuti pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar memerlukan sumber pembelajaran untuk memperlancar tercapainya tujuan belajar. Sumber belajar dalam pembelajaran IPS tidak hanya berupa pajangan media di dalam kelas, tetapi sumber yang luas yang berkenaan dengan hakikat pelajaran IPS, yakni yang erat yang terkait dengan kemasyarakatan atau kehidupan social. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar IPS khususnya materi keragaman suku bangsa dan budaya, siswa kelas IV sebagai subjeknya dan penerapan media gambar adalah sebagai objeknya. Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan tiga siklus, teknik pengumpulan data diambil melalui observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Akhir dari penelitian ini yang dilakukan selama tiga siklus menyimpulkan bahwa penggunaan gambar dapat meningkatkan minat belajar Kelas IV MI Amanatul Ummah Belakang Padang Kota Batam. Sebelum diadakan tindakan kelas, minat belajar siswa sangat rendah, berdasarkan tabel pra siklus diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 65%. Setelah tindakan menggunakan media gambar, minat belajar siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 80%, pada siklus kedua minat belajar siswa mencapai persentase 90%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai nilai persentase 95%.