MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV MIS RAUDHATUL MUSHALLIN N0.019 TANJUNGPINANG KEPRI
Main Author: | Herlinawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9255/1/2013_2013638PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9255/ |
Daftar Isi:
- Pelajaran IPS adalah induk dari seluruh Mata Pelajaran, yang mana pelajaran ini mulai dipelajari dari mulai duduk di bangku sekolah dasar sampai dengan peguruan tinggi, pelajaran IPS selalu saja dipelajari, tapi walaupun begitu masih saja IPS dianggap pelajaran yang sulit untuk dipahami anak-anak. Mereka sulit sekali dapat menerima pelajaran IPS sehingga hasil belajar mereka menjadi rendah. Pembelajaran dengan menggunakan Media Visual akan memunculkan daya ingat siswa yang luar biasa dan membuat cara kerja siswa yang baik antara guru dengan murid dan murid dengan murid juga. Hingga minat belajar anak semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MIS Raudhatul Mushallin N0.019 Tanjungpinang, Kepri, yang mana objek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Raudhatul Mushallin N0.019 Tanjungpinang. Dengan menggunakan media Visual teknik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi belajar dilapangan. Berdasarkar hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa : dengan menggunakan media visual pada siswa kelas IV MIS Raudhatul Mushallin N0.019 Tanjungpinang ini dapat menambah minat belajar siswa, sebelum menggunakan media visual banyak sekali siswa yang sulit sekali memahami, mengerti pada pelajaran IPS. Tetapi setelah menggunakan Media ini nampak sekali perubahan dalam setiap siklus I, II . Pada siklus I, belum mencapai maksimal, maka dilaksanakanlah siklus II. Jadi dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan minat belajar siswa klelas IV MIS Raudhatul Mushallin N0.019 Tanjungpinang, Kepri.