PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PIZZA-PIZZA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SUNGAI AGUNG TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Defitri, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9235/1/2013_2013582PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9235/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Pizza-pizza siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sungai Agung Tapung Kabupaten Kampar melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan November 2012. Penelitian ini terdiri dari II siklus dan dilakukan dalam 5 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sebanyak 34 orang siswa, dengan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Pizza-pizza untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Sungai Agung Tapung Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan Strategi pizza-pizza mendapatkan persentase 62% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I mendapatkan persentase 76% juga dengan kategori baik dan pada siklus II mendapatkan persentase 88% dengan ketegori baik sekali. Strategi pembelajaran pizza-pizza yang dapat meningkatkan hasil belajar dengan langkah-langkah: guru memberikan motivasi, siswa memperhatikan guru saat menggambar satu lingkaran pizza pada OHP jika ada atau papan tulis, siswa dalam kelas mengemukakan soal-soal matematika yang sesuai dari gambar pizza tersebut, Siswa duduk dalam kelompok beranggota dua atau tiga siswa dengan kemampuan berbeda-beda, siswa menyediakan selembar kertas tabel untuk setiap kelompok, siswa membuat soal cerita yang berhubungan dengan pizza, tulis atau perlihatkan pada kertas table, siswa saling bertukar soal dengan kelompok lainnya dan mengerjakan soal-soalnya, siswa memeriksa perhitungan, siswa mendiskusikan apa yang telah dipelajari dengan membuat soal-soal cerita dengan menggunakan gambar pizza, dan guru bersama siswa merumuskan kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari hari ini.