PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JALAN UNTUK DILINTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Main Author: Jusniati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9234/1/2013_2013581PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9234/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Strategi Pembelajaran Jalan untuk dilintasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2012 subjek 9 orang dengan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran jalan untuk di lintasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 sampai 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan persentase sebesar 33% dengan kategori sangat kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan persentase 56% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan persentase 78% dengan ketegori baik. Strategi pembelajaran Jalan untuk dilintasi yang dapat meningkatkan hasil belajar untuk diterapkan oleh guru dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menyediakan sebuah rubrik model, siswa memperhatikan sebuah rubrik model di depan kelas, siswa menelusuri rubrik model, siswa memperhatikan saat guru menerangkan tujuan kegiatan, siswa melaksanakan pembelajaran dengan rubrik yang masih di depan kelas, siswa memberikan jawaban terhadap pertanyaan guru untuk menilai kemajuan yang telah mereka dapatkan, siswa mengikuti evaluasi, guru bersama siswa merumuskan kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari