MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN

Main Author: Sutriana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9127/1/2013_2013533PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9127/
Daftar Isi:
  • Tujuan dasar dari sekolah adalah agar siswa memiliki pengetahuan, pemahaman, keterampilan, serta sikap dan nilai yang sesuai dengan tujuan pendidikan secara menyeluruh mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, pada umumnya metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar IPA masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, sebaliknya strategi pembelajaran praktik atau demonstrasi oleh guru sering diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar dengan subjek penelitian siswa kelas IV MI Nurul Huda dan objeknya adalah penerapan metode demontrasi pada mata pelajaran IPA. Dalam penelitian ini mengunakan tiga siklus karena penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar, data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun. Sebelum diadakan tindakan kelas, hasil belajar siswa sangat rendah, berdasarkan tabel pra siklus diperoleh persentase hasil belajar siswa sebesar 33%. Setelah tindakan melalui Metode Demontrasi, hasil belajar siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 63%, pada siklus kedua hasil belajar siswa mencapai persentase 72%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai nilai persentase 81%.