MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA MI NURUL HUDA TELAGA TUJUH TANJUNG BALAI KARIMUN
Main Author: | Marliza, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9125/1/2013_2013531PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9125/ |
Daftar Isi:
- Konsep pendidikan modern siswa dituntut peran aktifnya dalam proses belajar mengajar, siswa diminta untuk mencari sendiri pengetahuan yang mereka butuhkan dengan bimbingan guru, Pembelajaran di sekolah kita saat ini cenderung hanya mendorong siswa ”belajar untuk tahu” atau learning to know bukan pada learning to do ”belajar untuk berbuat”, akibatnya hasil belajar tidak seimbang dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar matematika, subjek dalam penelitian ini siswa kelas III, dan objeknya adalah penerapan Active Knowledge Sharing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tiga siklus, data dalam penelitian ini diambil melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes buatan guru, setelah itu data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Setelah dilakukan tindakan sebanyak tiga siklus maka akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Nurul Huda Telaga Tujuh Tanjung Balai Karimun dengan perolehan persentase 77,22%.