PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN VERBS CHANGE THEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Nurfadilah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9114/1/2013_2013502PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9114/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them, dan hasil belajar IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,83% atau 11 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 17 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,83%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 22 orang siswa atau dengan persentase 91,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Pembelajaran Verbs Change Them dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.