PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLABUL ULUM KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Wiwik Damayanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9111/1/2013_2013499PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9111/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Mind Mapping dalam meningkatkan motivasi belajar IPA pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 52,1%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata motivasi belajar siswa meningkat pada siklus pertama mencapai 64,6% atau motivasi belajar siswa masih tergolong “Cukup Tinggi” karena 64,6% berada pada rentang 49-71%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,2% atau motivasi belajar siswa tergolong “Tinggi” karena 80,2% berada pada rentang 72-91%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu 75%.