PENERAPAN TEKNIK IMPACT MENGGUNAKAN LAMPU LALU LINTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Yusmiati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9110/1/2013_2013490PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Teknik Impact Menggunakan Lampu Lalu Lintas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Teknik Impact Menggunakan Lampu Lalu Lintas dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terbagi atas 15 orang lakilaki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Impact Menggunakan Lampu Lalu Lintas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui profil sekolah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa secara individu hanya mencapai 12 orang dengan ketuntasan klasikal 48,00%, pada siklus I ketuntasan siswa secara individu meningkat menjadi 16 orang dengan ketuntasan klasikal 64,00%, namun belum mencapai 75%. Siklus II ketuntasan individu siswa meningkat lagi menjadi 22 orang siswa, sehinga ketuntasan klasikal siswa mencapai 88,00%. Ini berarti telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Impact Menggunakan Lampu Lalu Lintas, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan