MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI SCRAMBLED GROUPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Tirtalia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9108/1/2013_2013484PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9108/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi masalah sosial melalui Strategi Scrambled Groups siswa kelas IV SDN 001 Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Latar belakang pada penelitian ini adalah apakah melalui Strategi Scrambled Groups dapat meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Masalah Sosial Siswa Kelas IV SDN 001 Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Adapun prosedur penelitian dalam penelitian ini tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan Tindakan, 4) Observasi, dan 4) observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Scrambled Groups untuk meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS hanya mencapai rata-rata persentase 43,8%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 63,5% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 63,5% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 63,5% menjadi 81,8% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 81,8% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi Scrambled Groups, maka keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi masalah sosial Siswa Kelas IV SDN 001 Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.