ANALISIS PENJUALAN PADA PT. KEDAUNG TABLETOP PLAZA CABANG PEKANBARU

Main Author: Mafrudi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/891/1/2011_201180.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/891/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menyebabkan tidak tercapainya target penjualan pada PT. Kedaung Tabletop Plaza Cabang Pekanbaru. Populasi yang ada dijadikan sampel dengan menggunakan metode accidential yaitu dengan memelih responden yang terdekat dan dijumpai pada saat itu juga. Oleh karena keterbatasan waktu dan dana penulis, maka penulis mengambil sampel sebanyak 94 orang konsumen. Dalam melakukan analisis data terhadap data yang dikumpulkan, penulis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data kemudian ditabulasikan kedalam tabel dan selanjutnya diuraikan secara sistematis. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Penulis menggunakan bantuan program computer SPSS untuk membantu pengolahan data tersebut. Berdasarkan uji F diperoleh Ftest 17,759 > Ftabel 2,70 dan PValue sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Fhitung > Ftabel. Hal ini berarti variabel independen secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan variabel dependen. Artinya kebijakan harga (X1), promosi (X2), dan persaingan (X3) secara bersama-sama mempengaruhi penjualan (Y) bagian pemasaran PT. Kedaung Tabletop Plaza Cabang Pekanbaru. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel harga sebesar 2,906 > ttabel sebesar 1,980. Dan PValue sebesar 0,005 < 0,05 kemudian untuk variabel promosi sebesar 2.417 > ttabel sebesar 1,980. Dan PValue sebesar 0,018 < 0,05. Selanjutnya untuk variabel persaingan sebesar 2.035 > ttabel sebesar 1,980 dan PValue sebesar 0,046 < 0,05. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan harga (X1), promosi (X2), dan persaingan (X3) secara parsial mempengaruhi penjualan (Y) bagian pemasaran pada PT. Kedaung Tabletop Plaza Cabang Pekanbaru. Dari ketigavariabel tersebut faktor yang paling dominan mempengaruhi penjualan adalah harga. Berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,357. Hal ini menunjukkan secara bersama-sama mempengaruh penjualan (Y) bagian pemasaran pada PT. Kedaung Tabletop Plaza Cabang Pekanbaru sebesar 35,70%, sisanya merupakan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Penjualan, Harga, Promosi, Persaingan.