PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINJAUAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN SISWA KELAS IV SDN 035 TARAIBANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Mersi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8896/1/2013_20131316PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8896/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreatifitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi pemerintahan Desa dan Kecamatan melalui penerapan strategi peninjauan diri siswa kelas IV SDN 035 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian mengikuti penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 035 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 27 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Peninjauan Diri untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil strategi pembelajaran pembelajaran Peninjauan Diri dapat meningkatkan kreatifitas belajar PKn siswa SDN 035 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar SDN 035 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kreatifitas belajar siswa sebelum tindakan secara klasikal yang diperoleh dari 39% dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran peninjauan diri pada siklus I pertemuan 1 sebesar 54% dengan kategori “cukup” pada pertemuan 2 menjadi 66% dengan kategori juga ‘cukup” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 72% dengan kategori “baik”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 80% dengan kategori “baik”. Kata kunci: Strategi pembelajaran peninjauan diri, kreatifitas belajar