PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERMASALAHANSOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002LUBUK AMBACANG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Desmita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8894/1/2013_20131297PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8894/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini terlihat hanya 12 orang atau 50% orang dari 24 orang siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan sisanya 6 orang atau 25% siswa menggangu temannya pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan 25 % atau 6 orang siswa keluar masuk pada saat guru menerangakan materi pelnajaran. Selain itu sebagian siswa terlihatkurangberanidalambertanyadanmengungkapkanpendapatnyasaat proses pembelajaranberlangsung. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaranIsuKontroversialdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatap elajaranIlmuPengetahuanSosial Materi Permasalahan Sosial diKelas IV SekolahDasarNegeri 002 LubukAmbacangKecamatanHuluKuantanKabupatenKuantanSingingi. Agar penelitian tindakan ini berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Isu Kontroversial pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada materi Permasalahan Sosial dari sebelum tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 52%. Pada siklus Pertama telah mencapai 61%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan motivasi belajar siswa belum mencapai 75% standar yang telah ditetapkan, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 82%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi pembelajaran Isu Kontroversial dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Permasalahan Sosial di Kelas IV SDN 002 Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.