PENERAPAN STRATEGI SIKLUS BELAJAR DESKRIPTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Eli Suriani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8890/1/2013_20131258PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8890/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains melalui Penerapan Strategi Siklus Belajar Deskriptif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi siklus belajar deskriptif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap tiap siklus yaitu perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan sebayak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 22 orang, dan objek dalam penlitian ini adalah penerapan strategi siklus belajar deskriptif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa, sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 45.45% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan mencapai 63.64%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 86.36%. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan strategi siklus belajar deskriptif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV sekolah dasar negeri 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.