PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KOMUNITAS PEMBELAJARAN KELAS 2-4-8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Mifta Khairi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8888/1/2013_20131256PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8888/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya . Hasil penelitian diperoleh sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,00% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 orang atau ketuntasan mencapai 65,00%, dan pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 17 orang siswa atau dengan persentase 85,00%. Aktivitas guru pada siklus I tergolong “Cukup Baik”, dengan persentase 65,63% berada pada rentang 56– 75%, dan siklus II meningkat menjadi 85,94% tergolong “Baik” berada pada rentang 76%–100%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 66,88% atau tergolong “Cukup Baik”, karena 66,88% berada pada rentang 56%–75% dan siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 85,00% atau tergolong “Baik”, karena 85,00% berada pada rentang 76%–100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.