PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE EXPLORE-ASK-READ-TELL-HARVEST (EARTH) DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS CERITA ANAK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH BARU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Rain Dosi Ropika,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8868/1/2013_20131121PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8868/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, hal ini terlihat apabila diberikan tes, hanya 10 dari 23 orang siswa atau 43,47% yang dapat menyebutkan gagasan pokok dengan benar, sulitnya siswa menemukan amanat atau pandangan yang terkandung dalam sebuah cerita, hal ini tampak ketika siswa diminta untuk mencari amanat atau pandangan yang terkandung dalam sebuah cerita, hanya sebagian kecil yang dapat menyebutkannya dengan benar. Dan sulitnya siswa menyimpulkan isi sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyimpulkan isi sebuah cerita hanya sebagian siswa yang dapat menyimpulkan isi sebuah cerita dengan benar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada teks cerita anak siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui metode Explore-Ask-Read-Tell-Harvest (EARTH). Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Explore- Ask-Read-Tell-Harvest (EARTH) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada teks cerita anak siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 57,2% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 57,2% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 66,5% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 80.7% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%. Kata Kunci: Metode Explore-Ask-Read-Tell-Harvest (EARTH), Kemampuan Membaca Pemahaman