PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TENTANG PENGALAMAN PRIBADI MELALUI METODE CLUSTERING PADA SISWA KELAS IVMADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALAKERITANG KECAMATAN KERITANG

Main Author: Khairu Rahmatin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8859/1/2013_2013476PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8859/
Daftar Isi:
  • PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenggunaanMetode Clusteringdalammeningkatkankemampuanmenulispengalamanpribadisiswapadam atapelajaranBahasa IndonesiakelasIV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala KeritangKecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Variabelpenelitianiniterdiridariduavariabelyaitukemampuanmenulispengal amanpribadisiswavariabel X, danpenggunaanMetode Clusteringvariabel Y yang merupakanobjekpenelitian.PenelitiantelahdilaksanakanpadabulanJuli 2011 - Januari 2012. Bentukpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas. Penelitianinididasaridarikemampuanmenulissiswa yang masihrendah, walaupun guru sudahberusahameningkatkandenganberbagaimetode.Hal initerlihatdarigejala-gejalasepertisebagiansiswabelumdapat membuat suatu karangan pengalaman pribadi dengan baik, meskipun karangan tersebut disesuaikan dengan pengalamannya.Siswabelum mampu menulis karangan pengalaman pribadi dengan baik, dan saat proses belajar mengajar, hanya sebagiansiswa yang ikut berpartisipasi aktif. Sedikit siswa yang mau bertanya atau mengajukan pendapat kepada guru, Sebagian siswakurang kreativitasnya dalam menyusun kalimat berupa cerita, hal ini ditunjukkan dengan penulisan kalimat yang berulang-ulang. PenelitidalampenelitianinimenerapkanMetode Clusteringuntukmeningkatkanhasilbelajar.Berdasarkan hasil penelitian yang telah di jelaskan pada bab IV, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir dalam menulis karangan tentang pengalaman pribadi pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 51% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 51% berada pada rentang 40-55%. Setelah dilakukan tindakan melalui metode Clustering, kemampuan siswa meningkat dengan persentase 67% dengan kategori “Cukup Mampu” karena berada pada rentang 56- 75%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis karangan tentang pengalaman pribadi melalui metode Clustering mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 87% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76-100%. Artinya kemampuan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilirdalam menulis karangan tentang pengalaman pribadi telah mencapai 75%.