PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI ORGANISASI MELALUI STRATEGI DISKOVERI TERPIMPIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Zainuddin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8856/1/2013_20131060PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8856/2/2013_20131060PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8856/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi orgnisasi melalui strategi Diskoveri Terpimpin siswa kelas V SD Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dengan jumlah siswa berjumlah 30 orang. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan penerapan strategi Diskoveri Terpimpin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 69,17 dengan ketuntasan klasikal 40% pada kategori kurang baik, kemudian pada hasil tes evaluasi pertama pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal 56,67% yang terletak pada kategori sedang dan pada tes evaluasi kedua siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,5 dengan ketuntasan klasikal 63,33% yang terletak pada kategori sedang. Sedangkan pada hasil tes evaluasi ketiga pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,17 dengan ketuntasan klasikal mencapai 66,67% yang tergolong kedalam kategori sedang dan hasil tes evaluasi keempat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal mencapai 93.33% yang tergolong kedalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan hingga tindakan siklus II. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Diskoveri Terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten tahun pelajaran 2012/2013.