PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI COOPERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS V MIDARASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAMIYAH PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH

Main Author: Fahrudin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8850/1/2013_2013464PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8850/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Strategi Cooperative Tipe Synergetic Teachingdalm meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MI Al Islamiyah Pulau Kijang, Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar IPS siswa variabel X, dan penggunaan model pembelajaran Strategi Cooperative Tipe Synergetic Teachingvariabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari 2012 - Maret 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data nilai siswa pada perbaikan pembelajaran IPS sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 36% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajarsiswa mengalami peningkatan menjadi 50% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajarsiswa mengalami peningkatan menjadi 57% dengan sangat rendah. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertamahasil belajarsiswa mengalami peningkatan menjadi 64% dengan klasifikasi rendah. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82% dengan klasifikasi tinggi pada siklus II pertemuan kedua. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran IPS melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teachingpada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al- Islamiyah Pulau Kijang Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilirdapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teachingdapat dikatakan berhasil.