PENGARUH MATERI PRINSIP EKONOMI KONSUMEN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU TERHADAP PERILAKU MEMBELI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Main Author: Fitri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/884/1/2011_2011849.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/884/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materi pelajaran prinsip ekonomi konsumen, terhadap perilaku membeli siswa Sekolah Menengah Pertama Dwi Sejahtera Pekanbaru. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (Materi Prinsip Ekonomi Konsumen) dan variabel Y (Perilaku Membeli Siswa). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Dwi sejahtera sebanyak 111 orang. Sampel ini diambil secara acak (propotional random sampling) dengan menggunakan rumus slovin diperoleh jumlah sampel 52 orang siswa. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dan product moment. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Produck and Servise Solutions) versi 16.0. Penulis mendapatkan kesimpulan ‘bahwa ada pengaruh yang signifikan antara materi prinsip ekonomi konsumen pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu terhadap prilaku membeli siswa Sekolah Menengah Pertama Dwi sejahtera Pekanbaru, adalah 0,505 x 100% = 50,5%, selebihnya ditentukan oleh variabel lain. ro (observasi) = 0,505 dari analisis tersebut diketahui df = 50, rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,273, rt (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,354. Berarti Ha diterima dan Ho ditolak.