PENERAPAN TEKNIK PENGGUNAAN ALAT BANTU PANDANG (VISUAL AIDS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 006 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Tuti Indrawanis,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8837/1/2013_20131025PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8837/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 006 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar melalui penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids). Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar ilmu pengetahuan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids) dapat Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 006 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 006 Alam Panjang, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang(Visual Aids) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 006 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa minat belajar siswa hanya mencapai 37% dengan klasifikasi “Rendah” setelah siklus I deketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa mencapai 46% dengan klasifikasi “ Cukup Tinggi” pada siklus ke II dilakukan perbaikan pembelajaran dalam penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids) dan menunjukkan peningkatan dan telah mencapai 76% pada klasifikasi “ Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids) secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan minat belajar siswa.