MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI MENUJU IDE-IDE UTAMA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN KULIM KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU
Main Author: | Dian Novita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8820/1/2013_2013421PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8820/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui Strategi Menuju Ide-ide Utamasiswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Kulim Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam dan juga bertujuan agar guru mempunyai strategi yang bervariasi dalam melakukan proses pembelajaran yang diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al- Ikhwan Pekanbaru sebanyak 33 orang sedangkan objek penelitiannya adalah pelaksanaan model pembelajaran strategi pelaksanaan model pembelajaran aktif yaitu Menuju Ide-ide Utamauntuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis data yang digunakan yang diperoleh langsung dari siswa dengan kualifikasi sebagai berikut : 1. Data pelaksanaan strategi pembelajaran Menuju Ide-ide Utamayang diambil selama penelitian tindakan kelas berlangsung. 2. Data hasil belajar siswa yang dihimpun dalam hasilpengamatan penelitian dan observasi secara langsung dilapangan. Teknik analisa data yang digunakan adalah tekhnik deskriptif kuanlitatif dengan persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus 4 pertemuan pada tes awal siswa belum diterapkan strategi pembelajaran Menuju Ide-ide Utama, baru pada pertemuan pertama, kedua, ketiga dan keempat strategi ini dilaksanakan data yang diperoleh dengan rumus: persentase Hasil Belajar Siswa = sp x 100 %. sm Hasil penelitian dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan ternyata dengan strategi pembelajaran Menuju Ide-ide Utama dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan peneliti setiap akhir tindakan untuk siklus pertama hasil siklus diperoleh 69,70% pada siklus ke dua diperoleh87,88%. Dengan hasil yang demikian diharapkan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi pembelajaran Menuju Ide-ide Utama baik dan layak untuk diterapkan, karena dapat meningkatkanhasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam secara signifikan.