PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Sri Hastuti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8802/1/2013_2013921PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8802/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Show and Tell yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Show and Tell yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang yang terbagi atas 10 orang lakilaki dan 13 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Show and Tell untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui profil sekolah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 11 orang siswa atau dengan persentase 47,83%, siklus I siswa yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 15 orang siswa atau dengan persentase 65,22%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 19 orang siswa atau dengan persentase 82,61%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Show and Tell dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.